Giatkan Publikasi, Program Studi Fisika Gandeng ITB pada Kegiatan Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah

Oleh: Idawati Supu . 30 Juni 2022 . 11:10:00

Program Studi Fisika bersama dengan Program Studi Pendidikan Fisika dan Pendidikan IPA bersama-sama turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo yaitu Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Kamis,(30/6/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam menulis artikel ilmiah serta meningkatkan publikasi baik bagi mahasiswa maupun dosen khususnya di kalangan Program Studi Fisika.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeeting dan dibuka secara langsung oleh Ketua Jurusan Fisika Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd. Melalui sambutannya, ketua Jurusan Fisika mengharapkan agar para peserta benar-benar menyimak dan serius dalam mengikuti kegiatan tersebut sehingga mampu menerapkannya dalam menulis artikel dan mempublikasikan secara luas melalui jurnal ilmiah, konferensi atau media publikasi lainnya. Dengan demikian, nantinya akan mampu menaikkan jumlah publikasi di lingkungan Jurusan Fisika.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd selaku Ketua Program Studi Fisika. Selain itu, turut hadir Kepala Laboratorium Jurusan Fisika Drs. Asri Arbie, M.Si sekaligus sebagai penggagas terselenggaranya kegiatan Bimtek ini. Adapun peserta kegiatan ini adalah Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni. Kegiatan ini sangat menarik karena materi yang disampaikan oleh narasumber Muhammad Rizqie Arbie, Ph.D (Institut Teknologi Bandung) sangat detail disertai penjelasan setiap tahapan secara sistematis.Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir terdapat salah satu syarat kelulusan yaitu publikasi artikel. Selain itu, berdasarkan analisis responden dari peserta, sebagian besar menginginkan kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin karena memiliki manfaat yang sangat besar baik terhadap penulis maupun instansi.

Melalui publikasi, maka terjadi penyebaran informasi megenai hasil-hasil penelitian serta bentuk pertukaran informasi untuk menghasilkan ide-ide baru akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping itu, publikasi ilmiah merupakan salah satu kategori penting dalam penilaian kinerja Universitas yaitu Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU 5) . []

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.