Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika Sukses Menggelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Metode Karakterisasi Material

Oleh: Idawati Supu . 12 Juni 2021 . 13:29:56

Pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika melaksanakan kegiatan "Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Metode Karakterisasi Material" yang diselenggarakan di Kampus 4 Bone Bolango. Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu program kerja HMPS Fisika dengan mengundang para dosen Jurusan Fisika UNG sebagai narasumber. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Fisika Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd., M.Si dan Wakil Dekan III Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan tersebut. " Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan HMPS seperti ini karena selain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, juga merupakan kegiatan yang mendukung salah satu dari delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk mengukur capaian Perguruan Tinggi kita. Harapannya kegiatan-kegiatan seperti ini terus dikembangkan sehingga mahasiswa memiliki skill baik dalam menyusun tugas akhir serta mengikuti bebagai ajang kompetisi karya ilmiah seperti Program Kreativiatas Mahasiswa (PKM), PHP2D dan lain-lain" kata Wakil Dekan III dalam sambutannya.

                                     

Foto bersama Wakil Dekan III, Ketua Jurusan Fisika, Para Narasumber serta Panitia Pelaksana kegiatan

Selain itu, Ketua Jurusan Fisika Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd., M.Si juga menambahkan bahwa pihak Jurusan dan Prodi akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini dan mengharapkan agar kegiatan pelatihan bidang lainnya juga akan segera menyusul mengingat bahwa pada Prodi Fisika terdapat empat bidang kajian yakni, Bidang Kajian Sistem kompleks; Bidang Kajian Instrumentasi, Bidang Kajian Komputasi, dan Bidang Kajian Mateial. hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar memiliki skill yang mumpuni dan dengan bekal skill tersebut, manfaatnya tidak hanya semasa dibangku kuliah saja namun juga untuk jangka panjangnya setelah lulus nanti  mampu bersaing dengan lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya.

Foto Para Peserta kegiatan sedang Mengikuti Materi dari Narasumber

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Fisika semester II, IV dan VI , dan dihadiri secara off line dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dengan menghadirkan 4 narasumber yang menyajikan masing-masing materi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya yakni:

1. Penulisan Artikel Ilmiah  (oleh: Muhammad Yunus, S.Si., M.Si)

2. Teknik Penyajian Data (Originlab 9) (oleh: Muh. Fachrul Latif, S.Si., M.Si)

3. Teknik Analisis Data X-Ray Fluorescence (XRF) dan Scanning Electron Microscope (SEM) (oleh: Idawati Supu, S.Si., M.Si)

4. Teknik Analisis Data X-Ray Diffraction (XRD) Menggunakan Software Match ( oleh: A. Indra Wulan Sari Ramadani, S.Si., M.Si)

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan workshop tersebut, karena dalam pelaksanaannya mahasiswa diwajibkan membawa laptop masing-masing untuk dilatih menggunakan software dan menginput data secara langsung. dalam setiap materi juga terdapat sesi tanya jawab sehingga para mahasiswa yang belum paham atau ada masalah di matakuliah yang berkaitan dengan materi yang disajikan bisa bertanya secara langsung ke pamateri untuk mendapatkan solusi. Khususnya para mahasiswa yang sedang memprogram matakuliah yang menerapkan Case Method dan Project Based Learning terlihat sangat aktif mengikuti materi pada kegiatan ini.  Semoga kegiatan ini bisa memotivasi mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Fisika agar terus berkarya dan mampu mendulang prestasi di berbagai ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.