Inovasi Karya Ilmiah Mahasiswa Magang Prodi Fisika Digelar Pada Seminar Virtual

Oleh: Idawati Supu . 13 Februari 2021 . 15:37:47

Kegiatan Magang pada Prodi Fisika saat ini termasuk kedalam program matakuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pada semester tingkat atas. Kegiatan ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para mahasiswa untuk merasakan atmosfer dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, kegiatan ini akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan relasi kerja yang luas dan bergaul pada lingkungan orang-orang yang profesional pada bidangnya masing-masing, serta belajar banyak tentang praktik yang tidak terbatas hanya pada teoritis saja seperti pada bangku kuliah. Pada Bulan Desember 2020, Program Studi Fisika untuk pertama kalinya mengirimkan mahasiswa ke tiga instansi yang ada di Provinsi Gorontalo, yakni Stasiun Meteorologi BMKG Gorontalo, Stasiun Geofisika BMKG Gorontalo, dan UPLTD Gorontalo. Para mahasiswa melaksanakan program magang selama 3 bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada hari Sabtu, Tanggal 13 Februari Prodi Fisika melaksanakan Seminar Virtual Hasil Kegiatan Magang Mahasiswa dengan menghadirkan pihak-pihak dari instansi tempat  magang  sebagai mitra, serta para peserta dari kalangan dosen, mahasiswa, guru dan umum. tidak hanya terbatas pada internal UNG tapi beberapa peserta luar mengikuti kegiatan ini. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 80 peserta, termasuk di dalamnya para pembimbing lapangan dan dosen pembimbing, para peserta tim mahasiswa magang (sebagai presenter).  kegiatan Ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNG Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si, yang menghimbau agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan, bahkan jika perlu diperluas lagi dalam bentuk kegiatan-kegiatan kerjasama lainnnya yang mampu meningkatkan mutu Prodi Fisika. Dalam tambahannya mengatakan bahwa ini merupakan implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disingkat MBKM.

              

Dalam kesempatan ini pula dihadiri oleh Kepala Stasiun Geofisika BMKG Gorontalo: Gandamana Matondang, ST yang dalam sambutannya mengatakan bahwa para mahasiswa magang telah turut memberikan kontribusi dalam kegiatan-kegiatan praktek yang dilakukan di instansi dan harapannya mahasiswa ini bisa memberikan dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menjawab berbagai permasalahan yang ada. Selain itu, Bapak Octavianus Jootje Zadrak, S.E selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Stasiun Meteorologi BMKG Gorontalo (dalam hal ini mewakili Kepala Stasiun Meteorologi BMKG) dalam sambutannya menyampaikan bahwa para mahasiswa ini kiranya dapat meng-eksplore lebih jauh lagi data-data hasil pengamatan dan pengukuran di Instansi untuk dijadikan bahan riset dan artikel ilmiah dalam menjawab permasalah untuk memberikan solusi berdasarkan kebutuhan baik instansi maupun masyarakat luas.

              

Turut pula para pembimbing lapangan dari Instansi Stasiun Geofisika : Bazir Zaman, S.T (Koordinator Observasi dan Informasi), Yudi Bramantyo, S.Kom (PMG Muda dan pembimbing mahasiswa magang), Asyer Octav, S.Tr (PMG Pertama dan Pembimbing mahasiswa magang), dan Naufal Febrianto, S.Tr ( PMG pertama dan pembimbing mahasiswa magang). Dari Instansi Stasiun Meteorologi juga hadir langsung Wahyu Guru Imantoko, S.Kom serta dari UPLTD hadir pula pembimbing lapangan Muhammad Falah Ramadhan, S.T dan Piterson M Sihaloho, S.T.

Sementara itu, dosen pembimbing juga hadir secara virtual dalam kegiatan ini yakni Dr. Raghel Yunginger, M.Si sekaligus sebagai moderator dalam memandu seminar ini, dan Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc serta Idawati Supu, S.Si., M.Si. Pada kegiatan ini, peserta magang terbagi dalam 3 tim masing-masing mempresentasikan pelaksanaan kegiatan mereka selama berada di lokasi magang. Para presenter terlihat sangat bersemangat dalam mendeskripsikan kegiatan-kegiatan mereka, serta memberikan laporan hasil analisis pengamatan/pengukuran. Pada kegiatan ini pula terdapat sesi tanya jawab, memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dan saling sharing mengenai hal-hal yang berkaitan topik pembahasan. 

Pada akhir kegiatan ini, pembimbing lapangan turut memberikan semangat dan motivasi kepada para mahasiswa untuk terus berkarya dan menciptakan solusi serta menulis hasil kegiatan mereka dalam bentuk artikel ilmiah. Hal ini bertujuan mampu membantu mahasiswa memunculkan ide-ide untuk dijadikan bahan tugas akhir dalam menyusun skripsi nantinya. Semoga kegiatan-kegiatan serupa lainnya terus melahirkan karya-karya dalam memajukan Prodi Fisika dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

 

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.