Prodi Fisika Gelar Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa dengan Menghadirkan Para Dosen Penguji dari UNIMA dan ITB

Oleh: Idawati Supu . 9 Februari 2021 . 05:37:49

Salah satu tahap yang harus dilewati mahasiswa sebelum melakukan penelitian skripsi adalah seminar proposal dimana mahasiswa harus membuat rencana penelitian yang nantinya akan dilakukan berdasarkan metode-metode tertentu dan ini akan digunakan dalam menentukan judul skripsi. Dalam melakukan seminar proposal ini mahasiswa harus tampil presentasi di depan para dosen pembimbing dan penguji serta peserta lainnya.  Moment sakral ini sukses dilakukan oleh salah seorang mahasiswa Prodi Fisika FMIPA UNG Andi Muhammad Nur Fitrah Syamsul yang digelar secara virtual pada hari Selasa, Tanggal 09 Februari 2021. Salah satu hal yang sangat menantang pada moment ini adalah mahasiswa tersebut mampu menghadirkan para dosen penguji, tidak hanya dari kalangan internal Fisika UNG tetapi juga dari Dosen Perguruan Tinggi luar yakni dari  Universitas Negeri Manado (UNIMA) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan ini dihadiri sekaligus dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si, yang sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu wujud implementasi dari Perjanjian Kerjasama atau disingkat PKS Prodi Fisika FIMPA UNG dengan Prodi lain baik dalam lingkup UNG maupun di luar PT. Sebelumnya, Prodi Fisika FMIPA telah melakukan penandatanganan PKS dengan beberapa  Prodi salah satunya adalah dengan Prodi Teknik Arsitektur UNG dan PKS dengan Prodi Fisika UNIMA. Dan sekarang ini Prodi Fisika UNG juga sedang merintis kerjasama dengan Prodi Fisika ITB karena terlihat beberapa kegiatan prodi Fisika UNG sering melibatkan dosen dari kampus Ganesha ini.

            

Mahasiswa dibawa bimbingan Dr.rer.nat. Mohamad Jahja, M.Si ( Pembimbing I) dan Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd., M.Si (Pembimbing II) mengangkat tema terkait permodelan  green solar cell, dimana urgensi penelitian, masalah-masalah yang mendasari serta metode penelitian dipaparkan secara runtut dalam tampilan slide demi slide oleh presenter.

Pada kegiatan virtual ini, para dewan penguji yakni dari UNIMA Dr. Djeli A. Tulandi, M.Si, serta dosen Penguji lainnya dari Fisika ITB Muhammad Rizqie Arbie, M.Si, M.Sc. Ph.D banyak memberikan tanggapan berupa pertanyaan terkait proposal yang diajukan, serta diakhiri dengan  memberikan masukan-masukan secara detail untuk kesempurnaan dalam melakukan riset nantinya. Begitupun  dengan para dewan penguji lainnya Drs. Asri Arbie, M.Si (Prodi Fisika FMIPA UNG) dan Abdi Gunawan Djafar, S.T., M.T (Teknik Arsitektur UNG) masing-masing sangat mendukung rencana penelitian yang diajukan dan memberikan banyak masukan secara terarah dan jelas untuk kesempurnaan penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut.Turut pula para peserta seminar dari kalangan mahasiswa UNG maupun mahasiswa UNHAS tidak ketinggalan turut menyimak setiap pemaparan proposal tersebut.Selain itu, terdapat pula hal yang berbeda dari biasanya dan terbilang sangat langka dari seminar proposal lainnya yakni pada moment ini turut pula dihadiri oleh kedua orang tua mahasiswa tersebut sehingga sangat menambah semangat Andi untuk tampil presentasi di depan para dewan penguji dan peserta seminar.

Kegiatan implementasi PKS seperti ini akan terus ditingkatkan oleh Prodi Fisika UNG tidak hanya sebatas pada kegiatan seminar proposal saja, tetapi juga di berbagai kegiatan Tridharma PT, sehingga terdapat kolaborasi dalam menciptakan transfer pengetahuan dan keahlian masing-masing bidang, pertukaran ide dalam menambah wawasan serta membuka persahabatan secara intelektual. Sukses dan maju terus  untuk Prodi Fisika FMIPA UNG, selamat berkarya untuk kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.