Prodi Fisika Mengadakan Workshop Kurikulum

Oleh: Idawati Supu . 23 Desember 2020 . 13:10:03

Pada hari Rabu, Tanggal 23 Desember 2020 Pukul 9.00 s.d Pukul 12.30 WITA, Program Studi Fisika,  Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Pendidikan IPA secara bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi kurikulum secara daring yakni "Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka" . Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNG yang diwakili oleh WD 1 ibu Dr. Djuna Lamondo, M.Si. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap 4 tahun sekali, dengan me-rekonstruksi kurikulum pada Program Studi Fisika. Pada kesempatan ini, Ketua Tim Pengembang Kurikulum Bapak Asri Arbie, M.Si mengatakan bahwa" Rekonstruksi ini bertujuan untuk menghasilkan kurikulum yang dapat memfasilitasi tercapainya tujuan dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, serta menghasilkan kurikulum merdeka yang memuat program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel dan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai passion dan bakatnya".

       

      Kegiatan Diskusi pada Workshop Kurikulum Prodi Fisika yang Berlangsung Secara Virtual

Pada kegiatan ini pula dihadiri langsung secara virtual para Tim Ahli dari bidang Fisika : Bapak Dr. Rizqie Arbie, M.Si, (Institut Teknologi Bandung, ITB) dan Bapak Dr. Pujianto, M.Pd (Universitas Negeri Yogyakarta, UNY). Selain itu juga dihadiri oleh para  "user" atau pengguna lulusan (stakeholder) yakni : Instansi BMKG Provinsi Gorontalo , PLTD Provinsi Gorontalo, Para Guru SMA, SMK Sederajat Se-Provinsi Gorontalo, Para Guru SMP, MTs, Aliyah Se-Provinsi Gorontalo, Para Pengawas dan Kepala Sekolah, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo.

                                            

Tim Pelaksana Kegiatan Workshop Kurikulum MBKM Jurusan Fisika (dari Kanan ke Kiri: Supartin, S.Pd., M.Pd/ Ketua Prodi Pend. Fisika FMIPA; Dr. Tirtawaty Abdjul., M.Pd/Ketua Prodi Pend.IPA FMIPA; Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd/Dosen Pend. Fisika; Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc/ Sekretaris Jurusan Fisika FMIPA; Dr. Trisnawaty Buhungo, M.Pd/Ketua Prodi Fisika FMIPA; Idawati Supu S.Si., M.Si/Dosen Prodi Fisika FMIPA)

Pada kegiatan inti "Diskusi Kurikulum" ini, Dr. Rizqie Arbie dan Dr. Pujianto sangat banyak memberikan masukan dan saran terhadap struktur kurikulum Jurusan Fisika secara keseluruhan, terutama dalam hal penguasaan secara kontekstual bagaimana membekali para calon pengajar dalam hal ini calon  lulusan yang benar-benar menguasai konsep dan analogi yang tepat tentang prinsip-prinsip ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari. Selain dari tim ahli, para stake holder juga memberikan masukan dan saran tentang kondisi lapangan dalam hal ini mengenai segala hal yang menjadi kebutuhan di lapangan oleh para stake holder secara riil sehingga diharapkan  sejak dini mahasiswa dipersiapkan dan dituntut untuk menguasainya, tidak hanya terbatas pada kemampuan kognitifnya saja, tapi juga afektif dan psikomotorik siswa. dalam hal ini sangat ditekankan pada "attitude" .

Dalam closing statement di akhir kegiatan, bapak Asri Arbie, M.Si menyatakan dan sangat mengaharapkan agar kegitan Diskusi tersebut tidak hanya terbatas pada  Room Meeting hari ini saja, tapi selebihnya sangat dibutuhkan diskusi secara berkelanjutan kolaborasi antara pihak Jurusan Fisika FMIPA UNG dan seluruh pihak yang hadir dalam kesempatan kali ini. Hal ini dibutuhkan kolaborasi secara kontinyu untuk mempersiapkan kompetensi mahasiswa berdasarkan kebutuhan zaman dalam meghadapi dunia kerja, perubahan sosial, budaya serta kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.