Selamat!! Atas Perolehan Akreditasi SINTA 4 Kepada Jurnal Fisika UNG "Jambura Physics Journal (JPJ)"

Oleh: Idawati Supu . 21 Januari 2021 . 13:00:00

Salah satu fungsi Science and Technology Index (SINTA) adalah menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Menurut Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019, Jurnal Nasional Terakreditasi adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan masa berlaku akreditasi 5 tahun. Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah dijelaskan bahwa Jurnal Nasional dikatakan terakreditasi apabila proses akreditasi jurnal ilmiah dilakukan secara elektronik melalui jejaring teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kata lain, semua jurnal yang diterbitkan harus tersedia dalam bentuk daring atau memiliki E-ISSN (ISSN daring) agar artikel dapat ditelusuri, secara transparan dapat diperiksa terutama terkait dengan plagiarisme atau agar tidak terjadi tumpang tindih pengembangan keilmuan, dan meningkatkan daya baca (jurnal terbukti memiliki daya tarik untuk dibaca dan disitasi).

Berdasarkan pengumuman Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 dan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor B/179/E5.2/KI.02.00/2020, tanggal 30 Desember 2020 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 pada SK Nomor 200/M/KPT/2020 terdapat 13 Jurnal di UNG yang memperoleh akreditasi SINTA. Salah satu jurnal tersebut adalah Jambura Physics Journal "JPJ" yang dikelola oleh Jurusan Fisika mulai dari tahun 2019. Berdasarkan pengumuman dari ARJUNA tersebut, Jurnal Fisika memperoleh Akreditasi SINTA 4

   

Jambura Physics Journal (JPJ) adalah berbasis Open Journal System (OJS) menerbitkan artikel asli penelitian ilmiah di bidang Pendidikan fisika dan ilmu fisika untuk semua tingkat pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala 2 kali dalam setahun, yaitu pada periode April dan Oktober yang memuat artikel-artikel prioritas pada kebaruan riset. Jurnal ini terus meningkatkan sistem manajemen dan pengelolaannya, semoga ke depannya jurnal ini terus berkualitas dalam peranannnya sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan, pertukaran informasi untuk menghasilkan ide-ide baru akan ilmu pengetahuan dan teknologi, basis data kebijakan publik, sarana komunikasi akademik antara para ilmuwan, penyebaran (diseminasi) hasil-hasil penelitian dan pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi.

Sebagai informasi bahwa JPJ ini terus menerima berbagai artikel berdasarkan scope-nya khusunya dari Perguruan Tinggi luar dan Instansi lainnya yang terkait, yang selanjutnya artikel tersebut akan diproses berdasarkan prosedurnya. Call For Papers untuk edisi April 2021 dapat dilihat langsung pada http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpj/index.

 

.  

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.