Dosen Prodi Fisika Siapkan Rencana Assesment dan Evaluasi Berbasis OBE Menuju Akreditasi Internasional

Oleh: Idawati Supu . 9 Juni 2022 . 10:00:00

Dalam rangka persiapan dokumen Akreditasi Internasional, para dosen Prodi Fisika ikut serta dalam Workshop yang digelar pada tingkat Fakultas, Kamis, (9/6/2022). Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel UTC Damhil selama satu hari dengan tema " Workshop Penyusunan Rencana Assesment dan Evaluasi Berbasis Outcome Based Education (OBE)" .

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto. S. Malik, M.Hum. yang menegaskan bahwa Kurikulum berbasis OBE lebih menekannkan pada luaran, sehingga metode pembelajaran berupa case method dan project based learning merupakan metode yang bisa dikembangkan oleh setiap dosen dalam melakukan pembelajaran. Lebih lanjut, beliau menghimbau agar segala aktivitas pembelajaran agar terdokumentasi pada laman Learning Management Syste (LMS) berupa SPADA UNG. Selain itu, turut pula Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si selau Dekan FMIPA yang juga dalam sambutannya memberikan motivasi kepada dosen agar lebih serius dalam mempersiapkan segala dokumen kepentingan Akreditasi internasional, termasuk salah satu diantaraya adalah Rencana Assesmen dan Evaluasi berbasis OBE yang tertera dalam Rencana Pembelajaran Semester setiap Matakuliah.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Fisika Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd dan Ketua Progra Studi Fisika Dr, Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd sebagai peserta kekgiatan workshop. Setiap dosen diminta agar mempersiapkan rubrik penilaian, hasil penilaian, umpan balik terhadap mahasiswa dan evaluasi dari setiap pembelajaran yang dilakuakan setiap minggu dan tertuang pada laman spada.ung.ac.id. Para peserta dibimbing dalam menggunakan LMS dan cara memberikan nilai berdasarjkan indikator berbasis OBE yang dipandu langsung oleh Nurrijal, S.Pd., M.Pd selaku narasumber. []

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.