Dua Dosen Prodi Fisika Raih Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DRTPM

Oleh: Irsan . 2 Juni 2023 . 16:02:49

Pada tanggal 1 Juni 2023, Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) mengumumkan penerima pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023 melalui surat Nomor 0557/E5.5/AL.04/2023. Dalam pengumuman tersebut, terdapat dua dosen dari Program Studi Fisika yang berhasil meraih hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mohamad Jahja, dosen di Prodi Fisika, berhasil meraih hibah Penelitian Pascasarjana Skema Penelitian Tesis Magister (PPS-PTM) untuk dua judul penelitian yang inovatif. Judul pertama penelitiannya yaitu "Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik Ditinjau dengan Pendekatan Rasch dan Item Diagnostik pada Materi Kinematika". Dengan fokus pada pendekatan Rasch dan item diagnostik, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah peserta didik dalam memahami materi kinematika. Sementara judul kedua yaitu  "Mengevaluasi kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan item diagnostik konsep energi dengan pemodelan Rasch", yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi sains peserta didik khususnya dalam konsep energi dengan menggunakan pendekatan Rasch.

Dosen lainnya yang meraih hibah pengabdian kepada Masyarakat pada skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Icha Untari Meidji. Proyek pengabdian masyarakat yang dia usung adalah "Pengembangan Early Warning System dan Rencana Evakuasi Bencana Sebagai Upaya Mewujudkan Desa Siaga Bencana Berbasis Komunitas di Desa Totopo, Gorontalo". Dalam komentarnya, Icha menyatakan, "Saya sangat bersyukur proposal kegiatan kami didukung dan didanai penuh oleh DRTPM dan kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari upaya membangun kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Melalui proyek ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam menyelamatkan nyawa dan harta benda serta memperkuat kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana."

Kedua proyek penelitian dan pengabdian masyarakat ini menunjukkan komitmen dan kontribusi yang signifikan dari dua dosen Prodi Fisika dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta pemberdayaan masyarakat. Diharapkan hasil dari penelitian dan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.