Fisika Itu Asyiikk ! Yuukk, Intip Keseruan Mahasiswa Prodi Fisika Di Lokasi Magang

Oleh: Idawati Supu . 18 Januari 2021 . 11:17:01

Magang merupakan salah satu bentuk pengintegrasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai aktivitas kerja praktek atau magang di suatu institusi profit atau non-profit maupun pemerintahan yang relevan dengan bidang studi masing-masing peserta dalam mengaplikasikan kemampuan teoritik dan profesional sesuai dengan ruang lingkup bidang yang bersesuaian. Dalam kaitannya dengan penelitian, mahasiswa diajak untuk menggali potensi yang ada agar memperoleh alternatif pemecahannya. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuannya dan sebagai kegiatan pendidikan, mahasiswa dapat menerapkan dan memperoleh relevan di antara teori dengan praktek di lapangan atau dunia kerja. Kegiatan magang ini juga termasuk pada salah satu dari 8 kegiatan yang ada di Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang semntara kurikulumnya telah direkonstruksi dan kedepannya akan menerapkan Kurikulum MBKM tersebut.

Seperti apa aktivitas mahasiswa Prodi Fisika UNG tersebut di lokasi magang? Berikut ini adalah gambaran kegiatan mahasiswa di Instansi BMKG dan PLTD Provinsi Gorontalo Desember 2020 sampai Januari 2021.

                     

Kegiatan Mahasiswa Melakukan Pemasangan Tabung Biomassa; dan Melakukan Evaluasi Mingguan Operasional Mesin di Lokasi Magang PLTD Provinsi Gorontalo

Magang adalah suatu proses pelatihan kerja yang dilakukan mahasiswa UNG pada institusi/industri yang sesuai dengan bidang keahlian atau kompetensi yang telah dirumuskan dalam program studi masing-masing guna peningkatan kemampuan praktis. Pelaksanaan magang dilakukan di institusi/industri sekurang-kurangnya selama tiga 3 bulan. Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo (selanjutnya disebut UNG) sebagai salah satu bagian dari UNG yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan dalam bidang kependidikan maupun non kependidikan, telah mencanangkan program pendidikan yang terdiri dari kuliah teori dan praktik.  Hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat dan dunia industri. Salah satu cara yang perlu diterapkan untuk mendukung program kuliah teori dan praktik sesuai dengan perkembangan industri adalah diterapkannya program link and match (kesetaraan dan kesepadanan). Implementasi program ini salah satunya melalui kegiatan magang. 

                       

Mahasiswa Melakukan Desiminasi Info Gempa dengan Menentukan Gelombang P dan S; dan Mahasiswa Mempresentasikan Materi yang telah Diperoleh di Stasiun Geofisika Gorontalo

"Sangat bermanfaat buat kami para mahasiswa magang, kami banyak mendapatkan ilmu yg sangat bermanfaat dan mendapatkan pelajaran bagaimana bekerja di kantor serta bagaimana cara mengoprasikan alat-alat di Stasiun Geofisika yang dipakai dalam memberikan informasi gempa kepada masyarakat" kata Rabiyatul Hajar, salah satu peserta magang prodi Fisika 2020 di BMKG Provinsi Gorontalo.

Jadi, Kegiatan-kegiatan ini secara otomatis menepis kesan sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa Jurusan Fisika itu sulit, selalu identik dengan rumus, membosankan dan belajarnya hanya di ruang kelas.

                         

 Mahasiswa Magang Melakukan  Controling Receiver & Transmitter Radar Cuaca Stasiun Geofisika; dan Pengamatan Angin Atas Menggunakan PiBal (Pilot Ballon)

"Melalui Program Magang ini, kami mendapatkan banyak sekali pengalaman yang  berkaitan prakiraan cuaca khususnya di Provinsi Gorontalo, yang selama ini kami hanya bisa menyimak informasi BMKG di berita TV dan penjelasan dosen di kelas, sekarang kami bisa mengetahui bahkan dilibatkan langsung dalam mengolah data-data cuaca. Harapannya semoga melalui kegiatan magang ini juga bisa kami lanjutkan ke penelitian tugas akhir "Skripsi". Karena lewat ini bisa memunculkan ide berupa topik, permasalahan atau judul yg bisa di angkat sebagai tugas akhir skripsi kami kedepannya.." Ujar Fadhil sebagai peserta magang di BMKG Stasiun Meteorologi Djalaluddin Provinsi Gorontalo.

                           

Mahasiswa Melakukan Pelepasan PiBall (Pilot Ballon) untuk Mengukur Arah dan Kecepatan Angin lapisan Udara Atas; dan Menginput Data-data PiBall

Harapannya, melalui kegiatan magang ini mampu memberikan banyak manfaat yakni : agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan di bidang manajemen dan teknis dibidang yang sesuai dengan program studinya, terpapar dengan kondisi yang sesungguhnya dan pengalaman tentang penerapan ilmunya di tempat kerja instansi pemerintah atau swasta, mendapatkan pengalaman mengunakan metode analisis masalah yang tepat terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang studinya dan mendapat bahan untuk penulisan tugas akhir/ skripsinya.

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.