Gelar Kuliah Tamu, Program Studi Fisika Undang Dosen ITB

Oleh: Idawati Supu . 21 Desember 2022 . 12:00:00

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Fisika Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd. Sharing ilmu seperti ini agar terus dilakukan agar meningkatkan pengetahuan mahaiswa  mengingat  program studi Fisika UNG juga terdapat Bidang peminatan  Teori dan Komputasi. Tidak terkecuali para dosen Fisika juga turut hadir dan tidak ingi  ketiggalan mengikuti perkuliahan yang sangat menarik tersebut melalui aplikasi Zoom Meeting (Rabu, 21 Desember, 2022. Pukul 10.00 WITA-Selesai).

Narasumber pada kegiatan perkuliahan ini adalah Dr. Getbogi Hikmawan, S.Si., M.Si (Institut Teknologi Bandung), merupakan salah satu dosen Kelompok Keahlian (KK) Fisika Teoritik Energi Tinggi. pada kesempatan ini, narasumber menjelaskan tentang Kosmologi. Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari evolusi dan pembentukan alam semesta. Seperti dalam ilmu lainnya, ada hubungan antara teori dan eksperimen dalam kosmologi. Meskipun ada beberapa teori tentang bagaimana alam semesta, dimulai, yang paling banyak diterima adalah Teori Big Bang. Pada materi ini pula, narasumber menjelaskan sejarah kosmologi .

Yang terpenting disampaikan oleh pamteri bahwa dengan mempelajari Kosmologi, Dengan mempelajari ilmu kosmologi, kita akan tahu mengapa alam semesta kita selalu berkembang. Dengan mempelajari ilmu kosmologi, kita akan memahami bahwa alam semesta kita sedemikian luasnya, sehingga kita pun hanya terlihat sebagai sebuah "titik kecil" di alam semesta ini. []

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.