Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika Wujudkan Pengabdian Lewat Program Bina Desa

Oleh: Idawati Supu . 11 September 2021 . 05:54:41

Program Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau lebih sering disebut Kegiatan Bina Desa diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika dengan Tema "Bergerak Bersama dalam Berkarya, Berinovasi dan Peduli Lingkungan" Sabtu (11/9/2021), merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika (HMPS) dan sukses terlaksana. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lopo Kec. Batudaa Pantai yang sekaligus dijadikan sebagai Desa Binaan. Selain itu, kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama Jurusan Fisika UNG dengan Desa Lopo.

                                                        

Kegiatan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Program Studi Fisika UNG dengan Desa Lopo

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Lopo ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Fisika Ibu Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa HMPS dan berharap kegiatan tersebut tetap berlanjut sampai benar-benar sesuai tujuannya untuk mewujudkan masyarakat menciptakan inovasi baru dalam mendaur ulang sampah " saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi terus dilanjutkan sampai benar-benar masyarakat bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini yaitu desa ini terbebas dari permasalahan sampah dan masyarakat mampu mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi bahkan sampai menciptakan usaha kerajinan dan olahan lainnya yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lopo". Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan langsung pembuatan kerajinan sampah dari limbah plastik dan mengolah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). Kegiatan ini sangat menarik antusias masyarakat desa terutama para anggota karang taruna.

                                        

Foto Bersama Ketua Jurusan Fisika, Sekretaris Desa Lopo, Para Dosen pemateri dan Panitia Pelaksana kegiatan Bina Desa

Kegiatan ini juga disambut langsung oleh Sekretaris Desa Lopo, Bapak Zulpical Bumulo, S.HI yang dalam sambutannya sangat berterimaksih atas kepercayaan Jurusan Fisika untuk memilih Desa Lopo sebagai mitra dalam kegiatan ini " saya mewakili pemerintah dan masyarakat Desa Lopo menyampaikan terimaksih yang setinggi-tingginya karena telah memilih dan mempercayakan Desa kami sebagai tempat melaksanakan kegiatan ini, harapan kami semoga melalui kegiatan ini dapat menciptakan wirausahawan sehingga meningkatkan perekonomian masayarakat desa". Beliau juga menambahkan " juga menjadi ketertarikan kami dari kegiatan ini adalah pelatihan mengolah plastik menjadi bahan bakar minyak karena mengingat Desa Lopo ini adalalah Desa nelayan, sehingga BBM ini merupakan kebutuhan utama nelayan kami dalam melaut. Semoga kami bisa menciptakan sendiri BBM dari sampah plastik".

                                         

Foto Kegiatan Pendampingan Langsung Masyarakat Desa Lopo dalam Membuat Berbagai Kerajinan Tangan dari Sampah Plastik

Turut hadir dala kegiatan ini Sekretaris Jurusan Fisika Bapak Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc; Ketua Prodi Fisika Ibu Dr. Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd; Ketua Prodi Pendidikan Fisika Ibu Supartin, S.Pd., M.Pd; Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Idawati Supu, S.Si., M.Si. serta para dosen pemateri yang turun langsung memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai:  cara mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya; Bahaya sampah terhadap kesehatan;  cara memasarkan hasil kerajinan dari sampah sampai ke tahap pengembangan bisnis berbasis digital; manajemen pengelolaan sampah terintegrasi berbasis website menuju layanan bank sampah;  Teknik pengelolaan sampah menjadi bahan bakar minyak (BBM); Teknik dan pendampingan langsung pembuatan berbagai macam kerajinan dari sampah plastik.

Selain itu, pada kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis (oleh dr. Zulaika F. Asikin, M.Kes bersama Tim) kepada masyarakat Desa Lopo dan semua peserta kegiatan, seperti pemerikasaan gula darah, tes asam urat, Tekanan darah, dll.

Kegiatan Bina Desa oleh HMPS Fisika ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi fokus kegiatan-kegiatan pengabdian Jurusan Fisika sekaligus untuk mencapai indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Negeri Gorontalo yaitu meningkatnya kualitas kegiatan kemahasiswaan.[]

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.