Mahasiswa Prodi Fisika Belajar Di Luar Kelas Melalui Program MBKM Membangun Desa

Oleh: Idawati Supu . 7 Oktober 2022 . 13:00:00

Program Studi Fisika melakukan pelepasan mahasiswa peserta Program MBKM Membangun Desa pada semester Ganjil Tahun ajaran 2022/2023.  Kegiatan pengaantaran mahasiswa ke Desa tujuan dilaky]ukan secara langsung oleh Sekretars Jurusan Fisika UNG, Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc. Pada kesempatan ini, mahasiswa didampingi dan diantar langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke Desa Biyonga yang berperan  sebagai Desa Mitra dalam program tersebut.

Proses Penerimaan mahasiswa secara resmi  berjalan dengan lancar dan diterima langsung oleh bapak, Sutrisno Detuage, S.Pd selaku Lurah kelurahan Biyonga, Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo (Jumat, 7 Oktober 2022).  Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan diselenggrakan selama 3 Bulan, sehingga akan berakhir pada Januari 2023. Mahasiswa malakukan pemrograman matakuliah yang dapat direkognisi berdasarkan kegiatan yang dilakuakn selama di lapangan berbasis kegiatan dan luaran yang dihasilkan.

Kebijakan MBKM bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk mampu menguasai berbagai keilmuan sebelum memasuki dunia kerja. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa juga harus disiapkan agar mampu beradaptasi dengan kebutuhan zaman. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Program Proyek Desa atau Membangun Desa ini diikuti oleh 11 Peserta dan terbagi dalam beberapa skema kegiatan yang telah diracang berdasarkan jenis dan karakteristik matakuliah yang deprogram mahasiswa. Komponen yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi Dosen pendamping Lapangan yang akan melakukan control dan monitoring selama kegiatan, serta Dosen Pengampuh Matakuliah yang menentukan jenis kegiatan sesuai Deskripsi Matakuliah. []

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.