Menjadi Salah Satu Kontributor Utama UNG dalam Meningkatkan Indeksasi Publikasi Artikel, Jurusan Fisika Terus Tingkatkan Kinerja Riset dan Publikasi Nasional Maupun Internasional

Oleh: Idawati Supu . 10 Januari 2021 . 13:42:52

Jurusan Fisika  ikut andil sebagai salah satu penyumbang utama dalam menaikkan perengkingan indeksasi publikasi di UNG. Oleh Sebab itu, Ketua Jurusan Fisika terus mengapresiasi dan memotivasi  para civitas akademik , tidak hanya terbatas pada dosen saja tetapi juga untuk para mahasiswa agar melakukan riset berbasis output publikasi artikel ilmiah. Hal ini dapat dilihat pada portal SINTA (Science and Technology Index) >Departement >Fisika UNG terdapat jumlah artikel dan jumlah sitasi untuk Scopus dan Google Scholar yang terus meningkat dari tahun ke tahun (tahun 2008 sampai tahun 2020). Kita mengenal bahwa SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI). Agar peneliti dan dosen dapat terdaftar di SINTA terdapat 3 tahapan, yaitu (1) registrasi, (2) verfikasi, dan (3) sinkronisasi. Sinkronisasi adalah proses menyalin artikel atau publikasi yang ada disumber data terhadap sistem yang ada. Dalam hal ini, sumber data adalah databaseScopus dan databasesitus web SINTA sebagai sistem yang menampung data hasil sinkronisasi. Data yang disinkronisasi adalah jumlah publikasidan jumlah kutipan terhadap publikasi tersebut.

Keaktifan peneliti dalam melakukan publikasi jurnal ilmiah dapat diukur dalam H-Index. Berdasarkan pada  H- index inilah  menjadi tolak ukur seorang peneliti atau dosen dalam mengembangkan hasil karya keilmuannya. Penentuan H-Index didasarkan pada jumlah publikasi yang terindeks dan yang menyitasi atau merujuk Scintific Paper yang dipublikasikan ke masyarakat luas .

                           

Dalam menjalan tugas tri dharma Perguruan Tinggi, dosen memiliki tugas dan kewajiban melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masayarakat. Menunaikan tugas secara profesional dan bertanggung jawab, serta mampu menghasilkan karya yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Dalam kaitannya, kegiatan penelitian merupakan salah satu unsur yang sangat perlu diperhatikan sebagai sarana dalam menyelesaikan permasalahan, memberikan solusi yang sifatnya scientific. Dalam Hal ini, salah satu dosen Fisika Dr. Raghel Yunginger, M.Si  masuk kedalam Peringkat ke-8 Tingkat Teratas Dosen Peneliti pada web SINTA UNG yang memiliki beberapa terbitan artikel pada Scopus Q1, Q2 dan Q3. Hal ini, sangat menginspirasi para civitas akademik lainnya  khususnya pada lingkup prodi Fisika untuk semakin berkarya dan terus mngembangkan riset bidang kajiannya masing-masing.

Demikian halnya dengan mahasiswa pada tingkat akhir, diharuskan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal lokal, nasional ataupun internasional sebagai prasyarat mengikuti wisidah. Melalui kebijakan seperti ini, diharapkan mampu meningkatkan output publikasi sebanyak-banyaknya dan meningkat secara linier dari tahun ke tahun berikutnya. 

 

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.