Monitoring Kegiatan Magang Mahasiswa Prodi Fisika di Stasiun Meteorologi BMKG Provinsi Gorontalo

Oleh: Idawati Supu . 15 Desember 2020 . 13:00:00

Monitoring dan evaluasi magang merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh segenap dosen pembimbing magang ke institusi mitra dan pembimbing lapangan dari institusi mitra untuk mengamati dan memantau perkembangan aktivitas per mahasiswa selama mengikuti magang. Aspek-aspek yang merupakan bagian dari kegiatan ini adalah :Kedisiplinan, penilaian atas kedisiplinan mahasiswa magang untuk mengikuti aturan atau kesepakatan yang telah dibuat; Kreativitas, yaitu penilaian atas kemampuan mahasiswa dalam mengekspresikan ide-ide baru, atau memberian solusi atas kasus-kasus yang dihadapai selama magang; Kesopanan, melihat pada aspek kemampuan mahasiswa dan magang dalam menjaga sopan santun dan etiket dalam tindakan maupun sikap selama magang; Adaptasi, penilaian atas kemampan mahasiswa magang dalam melakukan penyesuaian terhadap sistem kerja institusi yang bersangkutan; Komunikasi, penilaian atas kemampuan mahasiswa magang dalam berkomunikasi dan berelasi dalam ruang lingkup kerja institusi; Kemajuan aktivitas kegiatan berdasarkan proposal yang telah disusun sebelumnya

Pada hari Selasa Tanggal 15 Desember 2020, Idawati Supu, S.Si., M.Si melakukan supervisi lapangan pada lokasi kegiatan magang di Stasiun Meteorologi Kelas 1 Djalaluddin BMKG Prov. Gorontalo. Pada kegiatan ini, kegiatan berkoordinasi secara langsung dengan Pembimbing Lapangan Wahyu Guru Imantoko, S.Kom (Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Met. Kelas I Djalaluddin - Gorontalo). Pada Kegiatan ini, mahasiswa terlihat sedang melakukan kegiatan magang menjalankan rutinitas kantor terkait pengukuran, monitoring alat ukur, penginputan data dan analisis data.

                                       

Aktivitas Mahasiswa Magang Melakukan Pengukuran di Taman Alat Stasiun Meteorologi BMKG

                                                       

Aktivitas Mahasiswa Magang dalam Menginput Data Hasil Pengukuran  

                                             

Pengukuran upper air observations menggukan Theodolite dan Balon udara untuk mengukur arah dan kecepatan angin

Selain itu, dosen pendamping juga memeriksa secara langsung daftar kehadiran dan jurnal-jurnal kegiatan seluruh peserta magang selama dilokasi magang. Pihak instansi juga mendeskripsikan kegitan mereka secara detail mulai dari jam datang sampai pulang kantor mereka. Dalam hal ini monitoring kegiatan magang dilakukan oleh kedua pembimbing, baik dosen pembimbing maupun pembimbing lapangan dari instansi BMKG yang saling berkoordinasi sampai kegiatan magang tersebut berakhir. AdapunTugas utama dari pembimbing lapangan tempat magang adalah membimbing, mengarahkan dan memberikan tugas-tugas di tempat mahasiswa melaksanakan magang yang sesuai dengan disiplin, konsentrasi dan rumpun ilmu mahasiswa tersebut yang pada akhirnya memberikan penilaian objektif kepada mahasiswa tersebut.

Pada kegiatan akhir kegiatan nanti, setiap mahasiswa diharuskan membuat laporan dari semua kativitas magang yang telah dilakukan dari awal sampai akhir kegiatan. Evaluasi laporan magang dilakukan dalam bentuk seminar hasil dengan dosen pembimbing lapangan  sebagai reviewer yang akan memberikan masukan guna untuk perbaikan laporan. Harapannya agar setelah melaksanakan kegiatan magang ini dapat memeberikan manfaat kepada setiap mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengunakan metode analisis masalah yang tepat terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang studinya bahkan tidak menutup kemungkinan akan meginspirasi mahasiswa dalam memunculkan ide menulis skripsi.

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.