Prodi Fisika UNG Adakan Kuliah Dosen Tamu Tentang Fisika Radiasi

Oleh: Idawati Supu . 20 Desember 2022 . 12:00:00

Bertema “ Aplikasi Fisika Radiasi dalam Bidang kesehatan” Program Studi Fisika UNG menggandeng salah satu Dosen expert dari Institut Teknologi Bandung Restu Fardian Suwandi, S.Si., M.Si yang membawakan materi kuliah secara Online (Selasa, 20 Desember 2022, Pukul 10.00 WITA -Selesai). Kegiatan ini disambut antusias oleh civitas akademik khususnya Program Studi Fisika, terlebih oleh para mahasiswa Fisika UNG. Hal ini karena mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar lebih banyak terkait Fisika Radiasi, Peluruhan Radioaktif, Peranan Fisika Radiasi Dalam Bidang Kesehatan, Efek Radiasi, Alat-Alat Medis Yang Memanfaatkan Ilmu Fisika Radiasi, serta Karir Lulusan Fisika Kesehatan .

Turut serta Sekretaris Jurusan Fisika Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc sekaligus memberikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi, serta hadir pula Ketua Program Studi Fisika UNG Dr.Trisnawaty Junus Buhungo, S.Pd., M.Pd dan kepala Laboratorium Jurusan  Fisika  Drs. Asri Arbie, M.Si serta para dosen lainnya yang menyimak materi yang dipaparkan oleh narasumber.  Kegiatan ini dilaksanakan di awal semester Ganjil tahun Ajaran 2022/2023 sebagai agenda rutin Jurusan Fisika.

Inti dari materi ini adalah bahwa radiasi memberikan dampak positif dan negatif dalam penggunaannya, demikian pula dalam bidang kesehatan. Efek dari dosis radiasi di atas ambang batas akan memberikan dampak terhadap organ, “Pengaruh radiasi terhadap tubuh bergantung pada seberapa besar radiasi tersebut masuk ke dalam tubuh, besar radiasi inilah yang disebut DOSIS dan sangat perlu dipahami dan diketahui ” demikian penjelasan Restu Fardian Suwandi, S.Si., M.Si. Materi yang disampaikan begitu  jelas sehingga mudah dipahami, detail dan disertai deskripsinya. []

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.