Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa, Prodi Fisika UNG Gelar Webinar PKM

Oleh: Idawati Supu . 20 Februari 2023 . 11:00:00

Program Studi Fisika UNG menggelar kegiatan Webinar pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan mengundang narasumber dari Institut Sain dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta melalui aplikasi Zoom Meeting (Senin, 20 Februari 2023). Kegiatan ini sangat memotivasi kalangan mahasiswa terutama bagi para peserta yang sementara menyusun proposal PKM untuk pendanaan 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dewi Diana Paramata, S.pd., M.Pd selaku Ketua Jurusan Fisika UNG, sekaligus memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Webinar tersebut. Turut hadir juga Sekretaris Jurusan Fisika UNG, Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc, dan para dosen Fisika lainnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh salah satu dosen Fisika Haerul Ahmadi, S.Si., M.Si ini mengusung tema "Mewujudkan Mahasiswa yang Solutif dan Kontributif Melalui PKM yang Kreatif dan Inovatif”. Program Kreativitas Mahasiswa atau dsingkat PKM merupakan kegiatan yang bertujian dalam meningkatkan kualitas mahasiswa agar mampu berkontribusi di masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Layanan  PKM 5 Bidang meliputi penandatanganan perjanjian kerjasama pelaksanaan PKM 5 Bidang  dengan PTS dan penyaluran dananya. PKM 5 bidang tersebut meliputi PKM-P (penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi), dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Inti dari kegiatan ini adalah memberikan penguatan kepada para peserta, teknik dan metode menyusun proposal PKM dengan  baik, menemukan ide, teknis pemenuhan kelengkapan adminstratif, dan lainnya. Dengan demikian, harapannya bahwa Program Studi Fisika mampu meloloskan banyak usulan bahkan sampai ke tingkat PIMNAS 2023. []

Agenda

21 Januari 2021

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2020/2021 dan Persiapan Kegiatan Akademik Semester Genap TA 2020/2021

Pada Rapat ini akan mengevaluasi kegiatan perkuliahan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil TA 2020/2021. Sekaligus membahas persiapan semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika Kampus IV Bone Bolango.